Training – Bagaimana Cara Berlatih Menggunakan Speed Chute

0
33

Latihan Speed Parachute bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, kekuatan, power, dan explosiveness. Tolakan yang dihasilkan parachute dapat membantu meningkatkan kekuatan betis, paha, glutes, dan hamstring. Seiring waktu, atlet akan merasakan perbedaan peningkatan leg turnover, dimana menghasilkan kecepatan ketika berlatih maupun berlomba. Untuk atlet yang lebih mengutamakan explosive power, latihan parachute ini bisa membuatnya merasa lebih cepat 40 yard dash time dan meningkatkan kemampuan vertical jumping. Speed parachute ditempelkan ke bagian pinggang, dan tersedia beberapa tipe perbedaan resistance level.

Latihan 50 Meter

Setelah permanasan, lakukan latihan di track halus atau lapangan sepakbola. Berlari menggunakan speed parachute tiga hingga enam-50 meter sprint,jeda istirahat 15-30 detik, pada setiap jeda. Lakukan latihan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Latihan Agility Course

LAtihan jarak 50 meter, persiapkan 3 cone traffic dan atur hingga membentuk pola zig-zag, setiap cone berjarak 15 meter. Dengan menggunakan speed parachute, mulai berlari ke cone pertama sebelah kiri, lalu ke sebelah kanan, terus hingga cone terakhir. Jeda istirahat 15-30 detik dan ulangi 6 hingga 10 kali. Lakukan latihan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Latihan 100 Meter

Lakukan latihan ini di lapangan luas, dengan menggunakan speed parachute berlari hingga jarak 50 meter, setelah itu lepaskan speed parachute (dengan menggunakan quick release velcro strap), berlari hingga mencapai jarak 50 meter tanpa parachute. Rasakan perbedaan kecepatan Anda. Lakukan latihan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Lakukan 6 hingga 12 kali repetisi dengan jeda istirahat 30 detik pada setiap repetisi.

Latihan 200 Meter

Hingga tahap ini kita asumsikan Anda telah terbiasa menggunakan speed parachute. Anda dapat meningkatkan intensitas latihannya. Sama halnya seperti pada latihan 100 meter, Anda berlari menggunakan speed parachute hingga mencapai jarak 100 meter, setelah itu lepaskan speed parachute Anda, lalu berlari hingga jarak 100 meter lagi. Lakukan latihan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Dengan menjalankan 6 hingga 12 repetisi dan jeda istirahat 60 hingga 90 detik pada setiap repetisinya.

SHARE

LEAVE A REPLY

three × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.