Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Chafing/Lecet

0
99
Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Chafing/Lecet

Chafing atau biasa kita kenal dengan lecet merupakan masalah yang sering dialami oleh pelari, lecet bisa terjadi diakibatkan oleh gesekan antar kulit atau juga bisa terjadi karena gesekan pakaian yang kita gunakan. Tingkat kelembaban yang berlebih juga dapat menimbulkan masalah lecet ini. Terutama bagi para pelari long run/jarak jauh (Marathon) yang dilakukan saat cuaca panas, lembab atau disaat hujan dapat memicu masalah ini.

Berikut ini adalah tips untuk Anda mengatasi dan mencegah masalah chafing atau lecet:

Mencegah Terjadinya Chafing

Hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah chafing adalah dengan mengoleskan pelembab atau lotion ke kulit yang sering terjadi chafing, umumnya pada lelaki di area paha, ketiak, kaki. dengan begitu kulit akan lebih lembut dan basah, sehingga dapat membantu mengurangi gesekan pada kulit. Selalu gunakan pakaian yang nyaman saat digunakan, pakaian yang kekecilan bisa menjadi faktor penyebab chafing. Pada bagian kaki bisa menggunakan kaus kaki anti chafing, banyak dijual di toko-toko olahraga atau Anda bisa mengunjungi www.sukaoutdoor.com Anda bisa menemukan barang-barang yang dapat membantu Anda mengatasi masalah chafing.

Mengatasi Chafing Yang Sudah Terjadi

Sekarang bagaimana jika chafing atau lecet sudah terjadi? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar chafing atau lecet yang Anda alami tidak semakin parah. Mandilah dengan air yang suhunya suam-suam kuku, jangan terlalu panas, karena air panas dapat memperparah lecet dan rasa terbakar pada kulit. Gunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan bakteri pada luka lecet. Ketika selesai mandi gunakan handuk lembut dan kering lalu tepuk-tepuk bagian yang lecet secara perlahan hingga kulit yang lecet kering, lebih baik jika Anda mengoleskan salep Antibakteri untuk mempercepat penyembuhan pada kulit yang lecet.

source: Runner’sWorld

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.