Tips Bagaimana Meningkatkan Performa Lari

0
72
Tips Bagaimana Meningkatkan Performa Lari

Bagi pelari professional mungkin tips ini bisa jadi dapat membantu mereka untuk dapat meningkatkan performa berlari mereka.

Pace Stabil
Tips: Lakukan pemanasan dan peregangan
Bila setelah lima hingga 10  menit berlari Anda tidak dapat mempertahankan pace, bisa jadi itu berarti tubuh Anda belum cukup panas. Karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pemanasan sebelum berlari, misalnya dengan melakukan beberapa peregangan. Alternatif lain, mulai dengan jogging, lalu tingkatkan pace lima hingga 10 menit setelahnya.

Target Latihan Terpenuhi
Tips: Coba untuk mengikuti program yang sesuai dengan kemampuan
Jika Anda sudah memberikan upaya maksimal tapi latihan Anda tidak membuahkan hasil yang signifikan, bisa jadi program yang Anda lakukan tidak berhasil untuk Anda. Tips program latihan yang baik terdiri dari beberapa fase, dimana tiap fase memiliki tipe dan tujuan latihannya masing-masing. Selalu ingat bahwa hasil yang optimal tidak datang begitu saja, sifatnya bertahap. Tujuan latihan boleh menantang tetapi tetap harus realistis. Dengan program latihan yang baik membuat Anda dapat mencapai tujuan tersebut.

Lari Lebih Cepat
Tips: Hidrasi tepat
Ketika berlari kita akan kehilangan cairan tubuh melalui keringat dan ini yang membuat kita rentan terkena dehidrasi. Dehidrasi ringan pun dapat menurunkan performa lari dan memperlambat proses pemulihan (Recovery). Jumlah cairan yang harus dikonsumsi tubuh bisa berbeda antar pelari. Salah satu cara untuk mengetahui berapa kadar cairan yang dibutuhkan tubuh Anda adalah dengan menimbang berat badan sebelum dan sesudah berlari. Hasil perbedaan berat badan tersebut merupakan jumlah cairan yang hilang. Jumlah itulah yang dibutuhkan tubuh Anda. Namun ingat bahwa tubuh Anda tidak dapat menyimpan cairan yang Anda konsumsi, sebaiknya Anda mengkonsumsi 1,5 kali dari jumlah cairan yang hilang pada tubuh Anda.

Meminimalisir Resiko Cedera
Tips: Pemakaian sepatu yang sesuai
Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan cedera, maka dari itu yang dapat Anda lakukan adalah mencari faktor tersebut, dari mulai hal terkecil sekalipun, contohnya adalah pemilihan tipe sepatu yang Anda gunakan, pergilah ke toko lari terdekat dan tanyakan pada pemilik toko sepatu yang cocok untuk Anda apa, biasanya pemilik toko mengetahui fungsi dan konotasi sepatu yang Anda akan gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Rekomendasi toko sepatu ShoeLabs SukaOutdoor Jakarta Selatan.

Berlari dengan Nyaman
Tips: Pemilihan pakaian yang sesuai cuaca
Di Indonesia yang beriklim tropis lebih cenderung panas dan lembab, Anda harus pintar dalam memilih pakaian yang akan Anda gunakan. Tipsnya carilah pakaian yang dapat menguapkan kelembaban dan cepat kering. Dengan begitu kulit Anda akan terasa nyaman. Pakaian yang Anda gunakan merupakan kunci kenyamanan saat latihan maupun saat lomba.

Visual: FitnessBlog

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.