Tips 12 Kiat Singkat Dapatkan Kesehatan Sempurna

0
335
KESEHATAN - TIP DAPATKAN KESEHATAN SEMPURNA

Rahasia kesehatan yang akan membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik tanpa harus menderita.

Anda bisa jadi adalah salah satu dari sekian banyak manusia yang kerap gagal. Dan, ketika Anda coba merenungi hal tersebut dalam-dalam, maka akan terbersit: “Apa yang berbeda, apa yang saya lakukan, sudah sama sepertinya mereka.”

Jangan pernah merasa kecil hati. Ini inti utamanya: Hidup Anda dipenuhi perjuangan untuk mendapatkan kesempurnaan dan kemungkinan. Kami selalu memberikan tip terbaik, untuk mendapatkan kesehatan sempurna Anda. Kami akan membuat Anda menjadi lebih baik, dan tentunya tanpa menyiksa Anda.

  1. Tidak Makan Ikan Dua Kali Sepekan

Anda tidak boleh lupa, sedikit minyak dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, mengurangi sakit otot setelah olahraga, membantu mengurangi depresi serta mungkin dapat melindungi Anda dari Alzheimer. Ya, benar, minyak itu adalah asam lemak omega-3. Itu yang membuat minyak ikan berkhasiat, dan untungnya, minyak itu dijual dalam kemasan botol. “Jika Anda tidak suka ikan atau tidak sempat makan ikan, suplemen minyak ikan juga sama khasiatnya dibandingkan minyak aslinya,” ujar Mary Ellen Camire, Ph.D., profesor nutrisi manusia di University of Maine.

Namun, jangan asal mengonsumsi minyak ikan apa pun. Carilah suplemen omega-3 yang belum melampaui tanggal kedaluwarsa dan yang mencantumkan vitamin E sebagai bahan utama keduanya. Efek antioksidan vitamin E akan mencegah minyak tersebut membusuk dan berbau.

  1. Tidak Pakai Earplug di Konser

Anda juga akan terlihat bodoh jika memasukkan jari untuk menutup telinga Anda. Lebih baik Anda menggunakan tombol mute alami tubuh Anda: bergumam. “Bergumam menyebabkan otot pelindung di telinga, yang disebut strapedius, berkontraksi. Hal tersebut mengurangi kebisingan yang masuk ke bagian dalam telinga 15 hingga 20 desibel,” ujar Marshall Chasin, seorang ahli audiologi dan direktur riset pendengaran di Musicians Clinic of Canada. Chasin juga mengatakan bahwa telinga Anda masih rentan rusak untuk 16 hingga 18 jam pertama setelah mendengarkan suara keras

  1. Tidak Melakukan Latihan Crunches

Lakukan latihan beban dengan berdiri. “Jika Anda latihan beban dengan berdiri, perut Anda akan bekerja untuk menstabilkan tulang belakang dan menjaga Anda tetap berdiri lurus, membuat hasil dari angkat beban Anda efektif,” ujar Alwyn Cosgrove, C.S.C.S., personal trainer di Santa Clarita, California. Jadi jika Anda biasanya melakukan leg press, lebih baik ganti dengan squat. Leg curl sambil berbaring? Ganti dengan Romanian deadlift. Bicep curl sambil duduk? Ganti dengan curl sambil berdiri. Apa pun gerakannya, pastikan tegangan otot penstabil tetap berada di perut Anda, bukan di punggung bagian bawah.

  1. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Tinggalkan kebiasaan Anda mengonsumsi bermacam multivitamin, dan gantikan dengan sebotol teh hijau dingin. Dalam sebuah studi Rutgers University, tikus yang diberi teh hijau 51 persen lebih kecil kemungkinannya mengidap kanker kulit dibandingkan tikus biasa, bahkan setelah mereka lebih sering terpapar pada sinar ultaviolet yang berbahaya. “Penelitian itu terlihat cukup menjanjikan dengan simpulan bahwa teh hijau dapat melindungi manusia dari kanker kulit,” ujar James Spencer, M.D., profesor dermatologi di Mt. Sinai School of Medicine. Para peneliti memperkirakan bahwa antioksidan di teh hijau melawan kanker kulit dengan menetralkan radikal bebas yang merusak sel kulit.

  1. Tidak Makan Makanan Berserat Tinggi

Tidak perlu konsumsi Metamucil (suplemen serat), yang Anda butuhkan adalah treadmill. Tampaknya latihan aerobik – utamanya lari– juga mencegah makanan mengendap terlalu lama di tubuh Anda, ujar Ann Grandjean, Ed.D., direktur eksekutif Center for Human Nutrition. Dan semakin sebentar makanan mengendap di usus Anda, semakin kecil kemungkinannya untuk berubah menjadi sesuatu yang buruk, bahkan kanker. Cobalah lari di tempat selama 20 menit per hari. Anda juga akan mendapatkan jantung sehat dengan berlari, kan.

  1. Melewatkan Pemeriksaan Kesehatan Tahunan

Singkirkan rasa malas Anda, masuk ke kamar mandi dan telanjanglah. Guyur tubuh dengan air hangat, tutup tirai, puntir perlahan buah zakar Anda dengan telunjuk dan jempol. “Jangan anggap remeh tonjolan tidak biasa karena itu berbahaya,” ujar William Hall, M.D., rektor American College of Physicians. Alasannya: Tonjolan di sekitar testis itu tidak normal dan kemungkinan merupakan tanda kanker testis. Selanjutnya, periksa setiap jengkal tubuh Anda (membungkuklah bila perlu). Periksa apa pun kemungkinan yang merupakan indikasi kanker kulit: warna kulit belang, tonjolan, tahi lalat yang bentuknya tidak simetris. Bahkan bila hasil pemeriksaan baik-baik saja, periksakan diri ke dokter. Sesegera mungkin.

  1. Tidak Sempat Floss Sehari Sekali

Coba beli sikat gigi elektrik. Sikat gigi ini menggunakan gelombak sonik tak kasatmata untuk membasmi bakteri penyebab plak di sela-sela gigi. “Ini 75 persen sama efektifnya dengan flossing,” ujar Joseph T. Abate, D.D.S., D.M.D., dokter gigi di Philadelphia. Dengan harga sekitar Rp2 juta, Sonicare memang lebih mahal daripada dental floss, tapi jauh lebih murah daripada satu set gigi baru.

  1. Tidak Makan Enam Porsi Sayur

Anda tentu sering kekurangan asupan buah dan sayuran, saat itulah Anda membutuhkan penolong: jus V8 (jus sayur). “V8 masih merupakan pengganti terbaik sayuran yang ada di pasaran saat ini,” ujar Melinda Hemmelgarn, R.D., ahli gizi di University of Missouri. Namun, sebaik-baiknya V8, Anda juga butuh asupan buah. Berikut menu komplet untuk mengisi kebutuhan asupan harian Anda:

  • Sarapan: Satu gelas tinggi (350 ml) campuran 100 persen jus anggur merah dan jeruk. Jika tidak ada jeruk, bisa diganti Tropicana.
  • Makan siang dan malam: Satu gelas tinggi V8 rendah sodium.

Ya, itu saja sudah cukup. Anda sudah menggantikan asupan enam porsi sayur dan buah dan meminum perlindungan ekstra dari kanker prostat, berkat likopen yang terkandung dalam tomat dan anggur merah.

  1. Menghindari Suntik Pencegah Flu Tahunan

Lindungi diri Anda dengan cara tradisional: Sering-sering cuci tangan. Sebuah studi terbaru Naval Health Research Center menemukan bahwa ketika responden mencuci tangan sedikitnya lima kali sehari, mereka 45 persen lebih terhindar dari penyakit pernapasan, seperti infeksi akibat virus flu,

“Vaksinasi adalah langkah pencegahan terbaik, namun mencuci tangan adalah alternatif yang baik,” ujar Carolyn Bridges, M.D., ahli epidemiologi di Centers for Disease Control and Prevention.  Dan, sabun biasa juga sudah cukup efektif, pembersih antibakteri tidak lebih efektif dalam membasmi virus.

  1. Tidak Sempat Tidur 9 Jam?

Hindari kopi hitam dan cari NADH, sebuah coenzyme yang dapat meningkatkan kesigapan mental dan konsentrasi. Dalam sebuah studi New York-Presbyterian Hospital, para peneliti menguji 25 orang yang memiliki kesulitan tidur setelah kelompok tersebut mengonsumsi 20 miligram NADH dan kemudian setelah mereka mengonsumsi placebo. “Ketika mereka mengonsumsi NADH, kesigapan mereka  jauh lebih baik secara keseluruhan ketika menjalani tes mental yang menggunakan variabel kecepatan dan akurasi,” ujar Margaret Moline, Ph.D., salah satu peneliti dalam studi tersebut.

Carilah suplemen yang di labelnya tertulis “ENADA”, karena itu mengandung formulasi NADH yang sama yang digunakan dalam studi tersebut.

  1. Tidak Rutin Membersihkan Kulkas

Pergilah ke toko hardware, dan beli termometer kulkas. Berikut logikanya: Tumpahan dan kotoran di sana-sini tidak akan membuat Anda sakit selama temperatur cukup rendah untuk mencegah bakteri dan  kapang mengubah kulkas Anda menjadi tempat berkembang biak yang subur. “Jika Anda malas membersihkan, pastikan temperatur tetap di bawah 4 derajat Celcius,” ujar Don Schaffner, Ph.D., seorang ahli keamanan makanan di Rutgers University.

Kenapa harus beli termometer? Karena banyak kulkas yang dijual tidak disertai termometernya sendiri, dan bahkan jika ada, ada kemungkinan perhitungannya melenceng beberapa derajat. Catatan: Anda dapat memasang termometer di mana pun kecuali di dalam pintu kulkas, karena tempat ini biasanya beberapa derajat lebih hangat dibandingkan bagian lain kulkas Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

18 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.