Cara Mudah Menghadapi Suhu Dingin

0
113

Anda punya keinginan untuk mengikuti World Marathon series? Ya, tentu saja ingin. Namun, selain jarak, masalah utama bagi kita -manusia tropis, adalah suhu yang dihadapi. Suhu di luar negeri, tentu lebih rendah ketimbang Indonesia.

Cahyo Agung Nugroho dari GOFIT Indonesia -dan seorang finisher Gold Coast Marathon 2015, menyarankan jika Anda ingin berlari di suhu yang lebih rendah dari biasanya, lebih baik:

Pertama, jika Anda memiliki waktu memadai. “Coba berlari di tempat bersuhu sama -atau nyaris sama dengan lokasi lomba,” kata Cahyo. Anda akan bisa menyesuaikan kebutuhan pakaian atau perlengkapan yang perlu dipersiapkan.

Kedua, datang beberapa hari sebelum lomba agar tubuh bisa beraklimatisasi secara maksimal. “Sehingga saat hari perlombaan, performa tubuh akan maksimal,” ujarnya.

Ketiga, pakai pakaian dan aksesori lari yang membantu menghangatkan tubuh. “Terserah apa bentuknya,” kata Cahyo. Sedangkan, menurut Mark Grandonico president Maine Track Club, pakaian sebaiknya disesuaikan dengan suhu yang akan dihadapi:

  • 30″ Celcius: 2 tops, 1 bottom. Long-sleeve base layer, dan sebuah vest untuk menjaga core Anda tetap hangat. Tights (atau shorts, untuk menjaga suhu tubuh bagian bawah).
  • 10 – 20″ Celsius: 2 tops, 2 bottoms. Sebuah jaket yang menutupi base layer Anda, dan wind pants yang menutupi tights Anda.
  • 0 – 10″ Celsius: 3 tops, 2 bottoms. 2 lapis untuk atas (sebaiknya dilengkapi dengan fleece), serta jaket. Tak lupa windbrief untuk menghangatkan.
  • -10 – 0″ Celsius: 3 tops, 2 bottoms, sepasang mittens, 1 scarf dilingkarkan dari leher sampai mulut, dan balaclava.
  • -20″ Celsius: 3 tops, 3 bottoms, 2 pasang mittens, 1 balaclava, sunglasses. atau, “Tetap di rumah saja!” kata Mark.

Lalu, menurut Cahyo yang keempat, saat menunggu start, yang bisa berlangsung lebih dari 30 menit, Anda harus berdiam, gunakan pakaian penghangat atau mantel yang bisa Anda lepas dan buang di lokasi start ketika lomba di mulai. “Di beberapa lomba marathon, pakaian itu dikumpulkan oleh lembaga amal untuk disumbangkan,” ujarnya. Anda juga bisa memakai mantel hujan sekali pakai.

Sumber: Cahyo Agung Nugroho, Running Entusiast dari GOFIT Indonesia, finisher Gold Coast Marathon 2015, Mark Grandonico, president Maine Track Club, dan RunnersWorld.com

Visual: huffpost.com

SHARE

LEAVE A REPLY

twelve + nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.