Bolehkah Makan Sesaat Sebelum dan Selama Berolahraga?

0
498

Bolehkah Makan Sesaat Sebelum dan Selama Berolahraga?
Bereksperimen dalam latihan Anda dengan makan dan berlari akan membuat Anda tahu berapa banyak yang Anda mampu untuk makan sebelum lari

Anda bisa mendapatkan banyak contoh dari beberapa atlet yang telah mampu makan dan berlari secara bersamaan. Atlet olahraga daya tahan (endurance) adalah salah satu atlet yang bisa melatih tubuh mereka untuk makan sambil berlari.

Leslie Bonci, direktur nutrisi olahraga di University of Pittsburgh Medical Center, memberi contoh yang ia ambil dari atlet pelari maraton (berlari sejauh 42,195 kilometer). “Pada jarak maraton, pelari harus menelan beberapa nutrisi saat balapan, meskipun tidak masuk kepada jenis makanan besar,” katanya.

“Bereksperimen dalam latihan Anda dengan makan dan berlari akan membuat Anda tahu berapa banyak yang Anda mampu untuk makan sebelum lari.”

Ia melanjutkan bahwa untuk hasil pelatihan yang terbaik sekalipun, tetap saja dibutuhkan tiga sampai empat jam setelah makan sebelum berlari, terutama jika latihan atau olahraga berintensitas tinggi.

“Waktu terbaik untuk berolahraga adalah sebelum Anda makan,” menurut dr. Daniel Vigil, profesor ilmu kesehatan klinis di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat.

“Jika Anda berharap untuk mendapatkan bahan bakar ekstra di tubuh Anda tepat sebelum berolahraga, atau katakanlah, jika Anda ingin menamatkan maraton dengan jarak ultra, umumnya hanya dibutuhkan 100 sampai 200 kalori yang bisa Anda dapatkan dari sports bar.”

Jika telah beberapa jam sejak makanan terakhir Anda, maka sebagian besar ahli setuju bahwa Anda tetap harus makan makanan kecil atau makanan ringan, satu jam sebelum olahraga untuk digunakan sebagai bahan bakar tubuh Anda.

Jika Anda melakukan olahraga di pagi hari, maka Anda akan berisiko untuk berolahraga dengan perut kosong. Misalnya ketika Anda ingin lari pagi tepat setelah Anda bangun tidur. Ini tidaklah ideal.

Mungkin terasa sulit untuk makan di pagi hari sebelum berolahraga, tetapi Anda harus mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan nutrisi yang tepat.

Kombinasi karbohidrat dan sedikit protein, semuanya di bawah 200 kalori, adalah yang Anda butuhkan. Jika Anda tidak yakin mengenai makanan apa saja yang baik, maka pertimbangkan beberapa makanan yang masih disarankan.

Sumber: BBC Good Food
Visual: OnRunning.com

SHARE

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.