5 Nutrisi yang Membantu Anda Lebih Fokus Berlari

0
75

Jika konsentrasi Anda ketika berlari semakin menurun, mungkin Anda perlu mengubah menu makanan

Pepatah “You are what you eat” tidak hanya berlaku untuk kulit, otot, dan tulang Anda. Gizi juga bisa mempengaruhi ketajaman konsentrasi Anda. “Karena itu tak heranlah bila apa yang Anda makan akan berpengaruh pada saat Anda berolahraga,” kata dr. Fiastuti W. MSC. MS. SpGk dari laman klikdokter.com.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membantu Anda tetap fokus dalam berlari:

Antioksidan
Kandungan antioksidan yang tinggi pada makanan terbukti dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. “Zat ini bisa ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna, biji-bijian, serta kacang-kacangan,” kata Fiastuti. Supaya Anda tidak bosan, dapat disajikan makanan tersebut dalam bentuk smoothie atau bisa juga dengan roti panggang.

Lemak
DHA atau docosahexaenoic acid adalah salah satu asam lemak utama yang mendukung perkembangan otak yang sehat. “Suplementasi dengan minyak ikan –sumber utama DHA, mampu memperbaiki gejala kurang fokus dan konsentrasi,” ujar dia. Makanan-makanan yang mengandung DHA alami bisa ditemukan pada salmon, makerel, dan rumput laut.

Besi
Besi juga sangat berperan dalam perkembangan otak. Makalah yang diterbitkan dalam Food and Nutrition Bulletin mencatat bahwa defisiensi besi mampu mempengaruhi perkembangan psikomotor Anda. “Efeknya pun bisa berlangsung hingga masa tua Anda, di mana Anda akan menunjukkan kinerja tes kognitif yang lemah,” ujarnya. Sumber zat besi yang baik dapat diperoleh dari kacang kenari, lentil, dan daging sapi.

Magnesium
Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, kekurangan magnesium dapat menyebabkan penurunan rentang perhatian. Karenanya, magnesium dapat membantu Anda-Anda untuk lebih fokus. Sumber magnesium meliputi roti gandum, kacang, dan selai kacang.

Vitamin B
Vitamin B12 merupakan salah satu dari delapan jenis vitamin B yang diperlukan untuk tubuh. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf dan menambah fokus. “Kebutuhan tubuh akan vitamin B12 bisa didapatkan dari bahan makanan seperti hati sapi, ikan, unggas, telur, dan susu,” ujar Fiastuti. Selain itu vitamin B6 juga berperan penting dan dapat diperoleh dari pisang, kacang-kacangan, ayam, dan biji-bijian.

SHARE

LEAVE A REPLY

twenty − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.